Cara Balik Nama Sertifikat Tanah Ahli Waris

Ketika orang tua sudah meninggal dunia tentu banyak yang ditinggalkan mereka kepada anak-anaknya seperti ilmu yang bermanfaat dan juga harta untuk melangsungkan hidup anak-anaknya, harta yang ditinggalkan seperti tanah dan rumah maka perlu ada balik nama agar untuk dikedepannya tidak ada kesulitan untuk menjualnya.
 cara balik nama sertifikat untuk ahli waris ternyata tidak sulit dan juga tidak mahal seperti balik nama jual beli bukan ahli waris.berikut syarat-syarat balik nama wairs

1.  sertifikat asli dan 1 lembabr fotocopy yang sudah dilegalisir. Legalisir dapat di lakukan di kantor BPN ( Badan Pertanahan Nasional).

2. fotocopy KTP dan KK ahliwaris 1 lembar dilegalisir. Diligalisir di kantor BPN

3. Surat Pernyataan Ahli waris . Surat ini bisa kita dapat di kantor camat yang di tanda tangani oleh pak camat dan lurah setempat.

4. Surat keterangan kematian. cara membuat surat kematian ini cukup mudah cukup datang ke ketua RT dan diketahui ketua RT saja. apa bila kedua orang tua yang meninggal maka harus 2 juga membuat keterangan kematiannya.

5. Surat kuasa jika diwakillkan oleh ahli wairs. tapi ini mungkin tidak diperlukan karena akan lebih mudah mengurus nya kalau Ahli waris langsung yang datang.

6 Fotocopy SPPT PBB tahun berjalan (legalisir). bpajak bumi dan banguanan yang terkahir ini untuk menghitung berapa jumlah yang harus dibayar untuk membalik nama ke ahli waris. semakin mahal harga tanah maka semakin mahal jua biaya balik nama ahli waris.

Mudah sekali membalik nama ahli waris . yang mahal itu ketika mau di limpahkah keanak ahli waris, karena kita harus membuat surat pelimpahan ke notaris dan membayar notarislah yang mahal, kalau untuk pembayaran di BPN tergolong murah menyesuaikan pajak bumi dan bangunan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Balik Nama Sertifikat Tanah Ahli Waris"

Posting Komentar