Cara Memeriksa, Lumasi, dan Mengkencangkan Rantai Motor

1. Mengapa Rantai Sepeda Motor Anda Penting?



Seiring dengan pergantinan oli dan perawatan ban, Pemeliharaan rantai sepeda motor juga merupakan bagian penting dari riding yang aman. Rantai adalah pahlawan dari rangkaian motor tanpa rantai  motor tidak akan bisa berjalan, mereka bertanggung jawab atas tugas penting untuk mentransfer daya dari mesin ke roda belakang, dan tanpa pemeriksaan dan perawatan yang benar, dapat membuat putus rantai dengan cepat, atau lebih buruk lagi, bisa menjadi proyektil berbahaya seperti kecelakaan saat berkendaraan.

Tutorial ini mencakup tiga aspek penting perawatan rantai: inspeksi, pembersihan, dan penyesuaian.

BAGAIMANA  MELIHAT RANTAI YANG BAIK ATAU MASIH BISA UNTUK DIAPKAI BERKENDARA?

Bergantung pada seberapa agresif Anda mengendarainya, rantai harus diperiksa setiap 500-700 mil atau kira-kira dua kali sebulan.

PERALATAN YANG DIPERLUKAN UNTUK PEMELIHARAAN RANTAI?
Siapkan peralatan berikut ini:

  • Pembersih rantai bersih O-ring (jika, seperti kebanyakan rantai, Anda adalah tipe o-ring.)
  • Set kunci pas.
  • Sikat lembut, atau sikat gigi bekas.
  • Pelumas rantai O-ring ramah (sekali lagi, jika berlaku.)
  • Sebuah pin cotter baru (saat mengatur ketegangan rantai.)
  • LAP (untuk menyeka kotoran dari rantai.)
  • Sebuah pita pengukur (opsional.)

2. Cara Memeriksa Rantai Motor

Dengan menggunakan pita pengukur (atau estimasi visual, jika perlu), pegang rantai pada titik setengah jalan antara sprocket depan dan belakang, dan tarik ke atas dan ke bawah. Rantai harus bisa bergerak kira-kira satu inci ke atas dan satu inci ke bawah. Jika motor Anda berdiri tegak atau berdiri di tengah, perhatikan bahwa swingarm akan turun jika roda diangkat dari tanah, yang akan mempengaruhi geometri belakang dan ketegangan pada rantai; kompensasi sesuai, jika perlu.

Karena rantai sepeda motor bisa menegang di tempat-tempat tertentu dan tetap lentur pada posisi lain, penting untuk memutar ban motor ke depan (atau putar roda belakang jika berada di atas dudukannya) dan periksa semua bagian rantai. Jika bergerak lebih dari sekitar satu inci, rantai itu perlu dikencangkan, dan jika terlalu ketat, lakukan pelonggaran; Hal ini dibahas dalam langkah selanjutnya. Jika rantai  terlalu ketat, rantai mungkin perlu diganti.


3. Periksa Sprocket Sepeda Motor Anda

Gigi sproke (gear) depan dan belakang adalah Pasangan yang dibutuhkan rantai untuk memutar sebuah ban,  memeriksa gigi gear untuk memastikan mereka meshing (pengancanga) baik dengan rantai. Jika sisi gigi sudah aus, kemungkinan mereka belum meshing dengan baik dengan rantai (yang mungkin menunjukkan keausan yang sesuai.) Keausan gigi berbentuk gelombang adalah ketidakteraturan lain yang mungkin menyarankan agar Anda memerlukan sprocket baru.



4. Bersihkan Rantai Motor Anda

Apakah rantai Anda perlu dikencangkan atau tidak, Anda harus menjaga rantai tetap bersih dan dilumasi dengan baik. Sebagian besar rantai modern adalah tipe o-ring yang menggunakan komponen karet dan sensitif terhadap pelarut tertentu. Pastikan Anda menggunakan pembersih yang disetujui o cincin saat Anda menyemprotkan rantai dan sprocket atau gunakan sikat lembut untuk menerapkan pembersih.



5. Lap Spocket dari Kelebihan Grime

Selanjutnya, Anda ingin memebersihkan kotoran berlebih menggunakan lap atau handuk, yang akan menciptakan permukaan bersih yang lebih ramah pelumas. Pastikan untuk benar-benar mencapai semua gigi sproket dan rantai rantai dengan memutar roda belakang (atau seluruh motor, jika tidak terpasang).

6. Kasih Pelumas Rantai Anda

Sambil memutar roda, semprotkan lapisan pelumas ke rantai saat berjalan sepanjang sprockets. Pastikan juga menyemprot bagian bawah sprocket belakang, dimana pelumas bisa melebarkan rantai dari dalam menggunakan tenaga sentrifugal, dan menembus keseluruhan rantai. Jangan terlalu banyak menyemprotkan pelumas karena akan membuat kotor sprocket.

itu sedikit tips memelihara rantai agar rantai awet dan nyaman dibawa berpergian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Memeriksa, Lumasi, dan Mengkencangkan Rantai Motor "

Posting Komentar